SILABUS MATA KULIAH SUPERVISI PENDIDIKAN

SILABUS MATA KULIAH
SUPERVISI PENDIDIKAN
DOSEN: M. RIKZA CHAMAMI, MSI
KELAS KI-5


A. INFORMASI UMUM
Nama Mata Kuliah : Supervisi Pendidikan
Kode Mata Kuliah : KIT-1124
Program Studi : S-1
Bobot SKS : 4 SKS (24 Kali Pertemuan)

B. DESKRIPSI
Mata kuliah Supervisi Pendidikan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan tentang dasar supervisi guna membantu memberikan suport dan mengajak ikut serta dalam usaha mengembangkan potensi sumber daya guru dan seluruh staf sekolah dalam rangka meningkatkan pembelajaran dalam pendidikan menuju ke tingkat profesional.

C. STANDAR KOMPETENSI
Mampu mempraktikkan berbagai teori, teknik dan berbagai pendekatan dalam supervisi pendidikan.

D. KOMPETENSI DASAR
Peserta didik mampu mempraktikkan berbagai teori, teknik dan berbagai pendekatan dalam supervisi pendidikan.

E. POKOK BAHASAN
1. Konsep Dasar Supervisi Pendidikan
2. Pendekatan Supervisi Pendidikan
3. Teknik Supervisi Pendidikan
4. Peran Supervisor dalam Pembinaan Karakteristik Guru
5. Supervisor dalam Organisasi Pendidikan
6. Peran Supervisi dalam Pembinaan Profesi Mengajar
7. Perkembangan Supervisi
8. Manajemen Supervisi
9. Supervisi dan Pengembangan Staf

F. REFERENSI POKOK
1. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
2. Pidarta, Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
3. W. Mantja, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Malang: Wineka Media, 2002.
4. Sahertian & Alaida, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Insevice Education, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
5. Agus Darma, Manajemen Supervisi, Jakarta: RajaGrafindo, 2000.

G. SISTEM PERKULIAHAN
1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.
2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara kelompok. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah diperbolehkan menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dibuat oleh perwakilan kelompok. Mahasiswa juga diperbolehkan menggunakan metode active learning sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
3. Resitasi (Tugas)
a. Tugas Makalah Kelompok
• Membuat makalah dengan format tema sesuai daftar bab dalam silabus (minimal 10 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan menggunakan 5 buku referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
• Dikumpulkan pada Kamis 30 Oktober 2010 kepada Komting dalam bentuk soft file untuk selanjutnya di-layout menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
• Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
• Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab yang dijadikan rujukan
• Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
• Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Pengantar Supervisi-Riri Ridhati.
b. Tugas Individu (Mid Semester)
• Membuat resensi/sinopsis buku “Supervisi Pendidikan”
• Tugas dikerjakan secara individu dan dikumpulkan 25 November 2010
• Resensi/sinopsis diketik minimal 5 halaman font times new roman spasi 1,5 dengan—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
• Resensi/sinopsis harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@gmail.com
• Subject email ditulis: urutan absensi-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 23-Sinopsis-Hakim.

H. SISTEM EVALUASI
Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Kelompok & Individu 10%
c. Keaktifan dalam Kelas 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

No comments:

Post a Comment

@mrikzachamami