Silabus Pendidikan Pancasila



SILABUS MATA KULIAH
PENDIDIKAN PANCASILA

Kode Mata Kuliah: UIN-6203 (2 SK)
Program Studi: Manajemen Pendidikan Islam (16 Pertemuan)
Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan      
Dosen: Mukhamad Rikza


A.     Capaian Pembelajaran
1.        Memiliki kemampuan analisis, berfikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.        Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
3.        Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika).
4.        Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan.
5.        Memiliki karakter ilmuwan dan profesional pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.     Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan matakuliah yang memberikan pedoman kepada setiapa insan akademik untuk mengkaji, menganalisis, memecahkan masalah–masalah pembangunana bangsa dan negara dalam prespektif nilai–nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dengan Peyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Penilaian akhir keberhasilan belajar mahasiswa pada matakuliah ini menggunakan pendekatan acuan patokan (PAP) dengan unsur penilaian meliputi unsur-unsur kehadiran, tugas-tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

C.      Kemampuan Akhir yang Diharapkan
1.      Mahasiswa mampu memahami hakikat dan nilai Pancasila
2.      Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis dan menjabarkan nilai dasar Pancasila serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan  ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dikuasainya dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan.
3.      Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggung jawab sesuai dengan hati nuraninya.
4.      Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengenali masalah hidup dan  kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya.
5.      Mahasiswa mampu mengenali perubahan-perubahan dan  perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
6.      Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.

D.     Bahan Kajian/Materi Pembelajaran
No
Materi
Referensi Utama
1
Visi Misi Lembaga, Pengantar Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kontrak Belajar
1, 10, 11, 12
2
Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila
2, 3, 4
3
Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa
16, 17, 18
4
Ketuhanan Yang Maha Esa
A. Proses Perumusan Sila Pertama
B. Makna Sila Pertama
C. Hubungan Agama dan Negara
D. Membumikan Sila Pertama
7, 8, 18

5
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
A. Proses Perumusan Sila Kedua
B. Makna Sila Kedua
C. Hubungan Kemanusiaan dan Kebangsaan
D. Membumikan Sila Kedua
7, 8, 18
6
Persatuan Indonesia
A. Proses Perumusan Sila Ketiga
B. Makna Sila Ketiga
C. Hubungan Persatuan dan Kebhinekaan
D. Membumikan Sila Ketiga
7, 8, 18
7
Kerakyatan dan Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
A. Proses Perumusan Sila Keempat
B. Makna Sila Keempat
C. Hubungan Demokrasi dan Permusyawaratan
D. Membumikan Sila Keempat
7, 8, 18
8
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
A. Proses Perumusan Sila Kelima
B. Makna Sila Kelima
C. Hubungan Keadilan dan Kemajuan Ekonomi
D. Membumikan Sila Kelima
7, 8, 18
9
Mid Semester
Field Trip “Melihat Fakta Pengamalan Pancasila” di Klenteng Sam Po Kong

10
Pancasila sebagai Filsafat
2, 5, 12, 15
11
Pancasila sebagai Etika Politik
6, 9, 13, 14
12
Pancasila sebagai Ideologi Nasional

13
Pancasila sebagai Pembentuk Moral Bangsa
8, 9, 13, 15
14
Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan RI
3, 11, 16
15
Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara
11, 12, 15, 18
16
Ujian Akhir Semester


E.      Referensi Utama
1.      A. Ubaidillah & Abdul Rozak, Pancasila, Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani, Jakarta: Kencana, 2013
2.      Asmoro Achmadi, Paradigma Baru Filsafat Pancasila dan Kewarganegaraan, Semarang: Rasail, 2009
3.      Backy Krisnayuda, Pancasila & Undang-undang: Relasi dan Transformasi Keduanya dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia, Jakarta: Kencana, 2016
4.      Darji dkk, Santiaji Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1991
5.      Effendy HAM, Falsafah Negara Pancasila (Sejarah, Fungsi, Pengamalan dan Pelestariannya), Semarang: Duta Grafika, 1993
6.      Heru Santosa, dkk, Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana, 2002
7.      Kaelan MS, Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural, Historis, Filosofis, Yuridis dan Aktualisasinya, Yogyakarta: Paradigma, 2013
8.      Kaelan MS, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Paradigma, 2010
9.      KJ Abdul Hamid, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bandung: Pustaka Setia, 2012
10.  Noor Ms Bakry, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
11.  Rozali Abdullah, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, Jakarta: Rajawali Pers, 1993
12.  Rozikin Daman, Pancasila Dasar Falsafah Negara, Jakarta: Rajawali Press, 1992
13.  Syahrial Syarbaini, Implementsi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
14.  Syahrial Syarbaini, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012
15.  Syaiful Arif, Falsafah Kebudayaan Pancasila: Nilai dan Kontradiksi Sosialnya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016
16.  Winarno Narmoatmojo, Pancasila dan UUD NRI 1945, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014
17.  Winarno, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Surakarta: Yuma Pustaka, 2012
18.  Yudi Latif, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, Jakarta: Kompas Gramedia, 2015

F.      Referensi Pendukung
1.        Ahmad Fauzi dkk, Pancasila Ditinjau dari Sisi Historis, Segi Yuridis Konstitusional dan Segi Filosofis, Malang: Unibraw, 1983
2.        Anis Baswedan, Merawat Tenun Kebangsaan, Jakarta: Serambi, 2015
3.        AW. Widjaja, Perkuliahan Pancasila pada Perguruan Tinggi, Jakarta: Akademi Presindo, 1985
4.        CST Kansil, Hidup Berbangsa dan Bernegara, Jakarta: Erlangga, 1990
5.        Darji Darmodiharjo, Pancasila Suatu Orientasi Singkat, Jakarta: Balai Pustaka, 1979
6.        Heri Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2014
7.        Ismail Suny, Mekanisme Demokrasi Pancasila, Jakarta: Aksara Baru, 1987
8.        Mohammad Noor Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1988
9.        Notonagoro, Pancasila Dasar Falsafah Negara, Jakarta: Bumi Aksara, 1983
10.   Notonagoro, Pancasila Secara Ilmiah Populer, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
11.   Razairin, Demokrasi Pancasila, Jakarta, Rineka Cipta, 1990
12.   Richard M Daulay, Fanatisme Kesukuan Ancaman Desintegrasi Bangsa, Jakarta: Balitbang, 2003
13.   Rochmadi dkk, Peranan Agama dalam Pemantapan Ideologi Negara Pancasila, Jakarta: Balitbang, 1985
14.   Slamet Muljana, Kesadaran Nasional dari Kolonialisme sampai Kemerdekaan, Jilid I, Yogyakarta: LKiS, 2008
15.   Slamet Muljana, Kesadaran Nasional dari Kolonialisme sampai Kemerdekaan, Jilid II, Yogyakarta: LKiS, 2008
16.   Sunoto, Filsafat Sosial dan Politik Pancasila, Yogyakarta: Andi Offset, 1985
17.   Tukiran Taniredja, Indonesia Baru: Empat Konsensus Satu Dasar Berbangsa dan Bernegara Indonesia, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015
18.   Yonatan Wiyoso & Prawoto, Manifestasi Pancasila dalam Pasang Surut Stabilitas dan Partisipasi Politik di Indonesia, Bandung: Fokusmedia, 2013

G.     Daftar Tugas Terstruktur
1.      Tugas Media Sosial
·         Semua mahasiswa diwajibkan membuat account media sosial berupa: blogspot, facebook, twitter, instagram dan youtube (dengan nama account sesuai nama asli mahasiswa)
·         Semua tugas mata kuliah diupload dalam media sosial
·         Saat tugas diskusi online, mahasiswa wajib aktif menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran
2.      Tugas Makalah Kelompok
·         Membuat makalah dengan format  tema sesuai daftar bab dalam Silabus (minimal 10 halaman: font times new roman, spasi 1,5 dengan menggunakan minimal 6 buku referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
·         Membuat slide power point minimal 6 halaman
·         Dikumpulkan pada  PERTEMUAN KETIGA kepada Komting dalam bentuk soft file untuk selanjutnya di-layout menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
·         Makalah dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
·         Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi  buku/kitab/undang-undang/peraturan pemerintah yang dijadikan rujukan
·         Makalah akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
·         Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail:  rikzakudus@gmail.com
·         Subject email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Pengantar Pendidikan Pancasila-Iqlima Naqiyya.

H.    Daftar Tugas Mandiri
1.      Tugas Individu (Mid Semester)
·         Membuat laporan hasil field research di Klenteng Sam Po Kong minimal 4 halaman – maksimal 6 halaman.
·         Makalah harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail:  rikzakudus@gmail.com
·         Subject email ditulis: urutan absen-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Laporan Sam Po Kong-Iqlima Naqiyya.
2.      Tugas Mini Riset & Video Youtube
Tugas mini riset berupa penelitian secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa seputar “Pendidikan Pancasila” yang berkembang di sekitar kampus atau tempat tinggal mahasiswa (lembaga pendidikan/organisasi atau tokoh). Hasil riset dibuat video yang diunggah di youtube.
3.      Tugas Tes Akhir Semester
Tugas tes akhir semester berupa soal analisis yang diberikan dosen dan dikerjakan secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa.

I.       Komponen dan Bobot Penilaian :
1.         Tugas Mandiri (a)               : 30%
2.         Tugas Terstruktur (b)        : 20%
3.         Ujian Tengah Semester (c) : 20%
4.         Ujian Akhir Semester (d)    : 30%
Nilai Akhir  = (a x 30%)+(b x 20%)+(c x 20%)+(d x 30%)


Semarang, 1 Maret 2017

Dosen Pengampu,




Mukhamad Rikza  
NIP. 198003202007101001

@mrikzachamami