SILABUS MATA
KULIAH
PENDIDIKAN
PANCASILA
Kode Mata Kuliah:
UIN-6203 (2 SK)
Program Studi:
Manajemen Pendidikan Islam (16 Pertemuan)
Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Dosen:
Mukhamad Rikza
A. Capaian
Pembelajaran
1.
Memiliki kemampuan
analisis, berfikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi
persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.
Memiliki kemampuan
dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi
solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
3.
Mampu menjelaskan
dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa
Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika).
4.
Mampu
mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas
kehidupan.
5.
Memiliki karakter
ilmuwan dan profesional pancasilais
yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
B. Deskripsi
Mata Kuliah
Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan matakuliah yang memberikan
pedoman kepada setiapa insan akademik untuk mengkaji, menganalisis, memecahkan
masalah–masalah pembangunana bangsa dan negara dalam prespektif nilai–nilai
dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dengan
Peyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat
tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik
mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan
negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar
negara Republik Indonesia. Penilaian
akhir keberhasilan belajar mahasiswa pada matakuliah ini menggunakan pendekatan
acuan patokan (PAP) dengan unsur penilaian meliputi unsur-unsur kehadiran,
tugas-tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.
C.
Kemampuan Akhir yang
Diharapkan
1.
Mahasiswa mampu memahami hakikat dan nilai Pancasila
2.
Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis dan
menjabarkan nilai dasar Pancasila
serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang
dikuasainya dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan.
3.
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggung
jawab sesuai dengan hati nuraninya.
4.
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengenali masalah
hidup dan kesejahteraan serta cara-cara
pemecahannya.
5.
Mahasiswa mampu mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni.
6.
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memaknai peristiwa
sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.
D. Bahan
Kajian/Materi Pembelajaran
No
|
Materi
|
Referensi Utama
|
1
|
Visi Misi Lembaga, Pengantar Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kontrak
Belajar
|
1, 10, 11, 12
|
2
|
Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila
|
2, 3, 4
|
3
|
Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa
|
16, 17, 18
|
4
|
Ketuhanan Yang Maha Esa
A. Proses Perumusan Sila Pertama
B. Makna Sila Pertama
C. Hubungan Agama dan Negara
D. Membumikan Sila Pertama
|
7, 8, 18
|
5
|
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
A. Proses Perumusan Sila Kedua
B. Makna Sila Kedua
C. Hubungan Kemanusiaan dan Kebangsaan
D. Membumikan Sila Kedua
|
7, 8, 18
|
6
|
Persatuan Indonesia
A. Proses Perumusan Sila Ketiga
B. Makna Sila Ketiga
C. Hubungan Persatuan dan Kebhinekaan
D. Membumikan Sila Ketiga
|
7, 8, 18
|
7
|
Kerakyatan dan Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan
A. Proses Perumusan Sila Keempat
B. Makna Sila Keempat
C. Hubungan Demokrasi dan Permusyawaratan
D. Membumikan Sila Keempat
|
7, 8, 18
|
8
|
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
A. Proses Perumusan Sila Kelima
B. Makna Sila Kelima
C. Hubungan Keadilan dan Kemajuan Ekonomi
D. Membumikan Sila Kelima
|
7, 8, 18
|
9
|
Mid Semester
Field Trip “Melihat Fakta Pengamalan Pancasila” di Klenteng Sam Po Kong
|
|
10
|
Pancasila sebagai Filsafat
|
2, 5, 12, 15
|
11
|
Pancasila sebagai Etika Politik
|
6, 9, 13, 14
|
12
|
Pancasila sebagai Ideologi Nasional
|
|
13
|
Pancasila sebagai Pembentuk Moral Bangsa
|
8, 9, 13, 15
|
14
|
Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan RI
|
3, 11, 16
|
15
|
Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Masyarakat Berbangsa dan Bernegara
|
11, 12, 15, 18
|
16
|
Ujian Akhir Semester
|
E.
Referensi Utama
1.
A. Ubaidillah & Abdul Rozak, Pancasila, Demokrasi,
HAM dan Masyarakat Madani, Jakarta: Kencana, 2013
2.
Asmoro Achmadi, Paradigma
Baru Filsafat Pancasila dan Kewarganegaraan, Semarang: Rasail, 2009
3.
Backy Krisnayuda, Pancasila & Undang-undang:
Relasi dan Transformasi Keduanya dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia, Jakarta:
Kencana, 2016
4.
Darji dkk, Santiaji Pancasila, Surabaya: Usaha
Nasional, 1991
5.
Effendy HAM, Falsafah Negara Pancasila (Sejarah, Fungsi, Pengamalan dan Pelestariannya), Semarang: Duta Grafika, 1993
6.
Heru Santosa, dkk, Sari Pendidikan
Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana, 2002
7.
Kaelan MS, Negara Kebangsaan Pancasila: Kultural,
Historis, Filosofis, Yuridis dan Aktualisasinya, Yogyakarta: Paradigma,
2013
8.
Kaelan MS, Pendidikan
Pancasila, Yogyakarta:
Paradigma, 2010
9.
KJ Abdul Hamid, Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Bandung: Pustaka Setia, 2012
10. Noor Ms
Bakry, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
11. Rozali
Abdullah, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, Jakarta:
Rajawali Pers, 1993
12. Rozikin Daman, Pancasila Dasar Falsafah Negara, Jakarta:
Rajawali Press, 1992
13. Syahrial Syarbaini, Implementsi Pancasila Melalui
Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
14. Syahrial Syarbaini, Pendidikan Pancasila di Perguruan
Tinggi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012
15. Syaiful
Arif, Falsafah Kebudayaan Pancasila: Nilai dan Kontradiksi Sosialnya, Jakarta:
PT Gramedia Pustaka Utama, 2016
16. Winarno
Narmoatmojo, Pancasila dan UUD NRI 1945, Yogyakarta: Penerbit Ombak,
2014
17. Winarno, Pendidikan
Pancasila di Perguruan Tinggi, Surakarta: Yuma Pustaka, 2012
18. Yudi Latif, Negara
Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, Jakarta:
Kompas Gramedia, 2015
F.
Referensi Pendukung
1.
Ahmad Fauzi dkk, Pancasila Ditinjau dari Sisi
Historis, Segi Yuridis Konstitusional dan Segi Filosofis, Malang: Unibraw,
1983
2.
Anis Baswedan, Merawat Tenun Kebangsaan, Jakarta:
Serambi, 2015
3.
AW. Widjaja, Perkuliahan Pancasila pada Perguruan
Tinggi, Jakarta: Akademi Presindo, 1985
4.
CST Kansil, Hidup Berbangsa dan Bernegara, Jakarta:
Erlangga, 1990
5.
Darji Darmodiharjo, Pancasila Suatu Orientasi Singkat,
Jakarta: Balai Pustaka, 1979
6.
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan
Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2014
7.
Ismail Suny, Mekanisme Demokrasi Pancasila, Jakarta:
Aksara Baru, 1987
8.
Mohammad Noor Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar
Filsafat Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1988
9.
Notonagoro, Pancasila Dasar Falsafah Negara, Jakarta:
Bumi Aksara, 1983
10. Notonagoro, Pancasila
Secara Ilmiah Populer, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
11. Razairin, Demokrasi
Pancasila, Jakarta, Rineka Cipta, 1990
12. Richard M
Daulay, Fanatisme Kesukuan Ancaman Desintegrasi Bangsa, Jakarta:
Balitbang, 2003
13. Rochmadi
dkk, Peranan Agama dalam Pemantapan Ideologi Negara Pancasila, Jakarta:
Balitbang, 1985
14. Slamet
Muljana, Kesadaran Nasional dari Kolonialisme sampai Kemerdekaan, Jilid I, Yogyakarta:
LKiS, 2008
15. Slamet
Muljana, Kesadaran Nasional dari Kolonialisme sampai Kemerdekaan, Jilid II, Yogyakarta:
LKiS, 2008
16. Sunoto, Filsafat
Sosial dan Politik Pancasila, Yogyakarta: Andi Offset, 1985
17. Tukiran
Taniredja, Indonesia Baru: Empat Konsensus Satu Dasar Berbangsa dan
Bernegara Indonesia, Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015
18. Yonatan
Wiyoso & Prawoto, Manifestasi Pancasila dalam Pasang Surut Stabilitas
dan Partisipasi Politik di Indonesia, Bandung: Fokusmedia, 2013
G.
Daftar Tugas Terstruktur
1.
Tugas Media Sosial
·
Semua mahasiswa
diwajibkan membuat account media sosial berupa: blogspot, facebook, twitter,
instagram dan youtube (dengan nama account sesuai nama asli mahasiswa)
·
Semua tugas mata
kuliah diupload dalam media sosial
·
Saat tugas diskusi
online, mahasiswa wajib aktif menggunakan media sosial sebagai media
pembelajaran
2.
Tugas Makalah Kelompok
·
Membuat
makalah dengan format tema sesuai daftar
bab dalam Silabus (minimal 10 halaman: font
times new roman, spasi 1,5 dengan menggunakan minimal 6 buku
referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
·
Membuat slide
power point minimal 6 halaman
·
Dikumpulkan
pada PERTEMUAN KETIGA kepada
Komting dalam bentuk soft file untuk selanjutnya di-layout
menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
·
Makalah
dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
·
Pada
saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab/undang-undang/peraturan pemerintah
yang dijadikan rujukan
·
Makalah
akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
·
Subject
email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Pengantar
Pendidikan Pancasila-Iqlima
Naqiyya.
H.
Daftar Tugas Mandiri
1.
Tugas Individu (Mid Semester)
·
Membuat
laporan hasil field research di Klenteng Sam Po Kong minimal
4 halaman – maksimal 6 halaman.
·
Makalah
harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@gmail.com
·
Subject
email ditulis: urutan absen-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Laporan Sam Po Kong-Iqlima
Naqiyya.
2.
Tugas Mini Riset & Video Youtube
Tugas mini riset berupa penelitian secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa seputar “Pendidikan
Pancasila” yang berkembang di sekitar kampus atau tempat tinggal mahasiswa
(lembaga pendidikan/organisasi atau tokoh). Hasil riset dibuat video yang diunggah di youtube.
3.
Tugas Tes Akhir Semester
Tugas tes akhir semester berupa soal analisis
yang diberikan dosen dan dikerjakan secara mandiri oleh masing-masing
mahasiswa.
I.
Komponen dan Bobot Penilaian :
1.
Tugas Mandiri (a) : 30%
2.
Tugas Terstruktur (b) : 20%
3.
Ujian Tengah Semester (c) : 20%
4.
Ujian Akhir Semester (d) : 30%
Nilai Akhir = (a x 30%)+(b x 20%)+(c x 20%)+(d x 30%)
NIP. 198003202007101001