SILABUS MATA
KULIAH
SEJARAH
PERADABAN ISLAM
Kode Mata Kuliah : UIN-6209 SKS : 2 SKS
Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam TM :
16 Pertemuan
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Dosen :
M. Rikza Chamami
A. Capaian
Pembelajaran
1.
Memberikan pemahaman yang utuh mengenai Sejarah Peradaban Islam
2.
Memberikan kajian tentang pendekatan-pendekatan sejarah
3.
Memberikan pemahaman objektif
seputar fakta Sejarah Peradaban Islam
B.
Deskripsi Mata Kuliah
Sejarah merupakan realitas masa lalu, keseluruhan
fakta, dan peristiwa yang unik dan berlaku. Hanya sekali dan
tidak terulang untuk yg kedua kalinya. Oleh karena itu, ada pandangan bahwa
masa silam tidak perlu dihiraukan lagi, anggap saja masa silam itu ”kuburan”.
Pandang ini tentu saja sangat subyektif dan cenderung apriori sekaligus tidak
memiliki argumentasi yang kuat. Tapi bagaimanapun sebuah perirtiwa pada masa
silam bisa dijadikan pandangan untuk kehidupan yang akan datang agar lebih
baik.
Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan mata kuliah wajib untuk program studi S-1 di
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang. Dalam perkuliahan matakuliah ini mahasiswa akan
diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu.
Islam mempunyai rangkaian sejarah panjang yang tidak dapat dilupakan.
Dimana dalam konteks peradaban, Islam mempunyai segudang bukti sejarah kemajuan
dan perkembangan dari semua aspek.
Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena Islam mempunyai karakter yang unik dalam kehidupan keberagamaannya. Oleh
sebab itu, kajian seputar Sejarah Peradaban Islam dipandang sangat perlu untuk
dikaji secara mendalam. Sehingga dalam proses pemahaman keislaman akan lebih
utuh ketika betul-bentul paham dan mengerti tentang Sejarah Peradaban Islam.
C.
Kemampuan Akhir yang
Diharapkan
1.
Mahasiswa mampu melakukan
analisa dan pemahaman yang komprehensif mengenai Sejarah Peradaban Islam
2.
Mahasiswa mampu mendeskrispiakan
kajian-kajian tentang pendekatan-pendekatan sejarah
3.
Mahasiswa mampu berpikir objektif
seputar fakta Sejarah Peradaban Islam
D. Bahan
Kajian/Materi Pembelajaran
No
|
Materi
|
Referensi Utama
|
1
|
Visi Misi Lembaga, Pengantar Kuliah Sejarah Peradaban dan Kontrak Belajar
|
1, 2, 3
|
2
|
Pengantar Sejarah Peradaban Islam
A.
Arti Sejarah, Peradaban dan
Islam
B.
Diskursus Kebudayaan dan
Peradaban
C.
Hubungan Al-Qur’an dan
Hadits dengan Peradaban
D.
Metodologi Penulisan
Sejarah
|
3, 4, 5
|
3
|
Peradaban Islam
Rasulullah Periode Makkah (610 – 622 M)
A. Peradaban Arab
Sebelum Islam
B. Dakwah Makkah Nabi Muhammad
C. Pembentukan Sistem Sosial di Makkah
|
3, 4, 5
|
4
|
Peradaban Islam
Rasulullah Periode Madinah (622 – 632 M)
A. Arti Hijrah Nabi ke Madinah
B. Dasar Berpolitik Negeri Madinah
C. Piagam Madinah: Darussalam
dan Darul Islam
|
6, 8, 11
|
5
|
Periode Khulafaur
Rasyidin (632 – 661 M)
A. Pembentukan Kekhilafahan dan Sistemnya
1. Abu Bakar (632 – 634 M)
2. Umar bin Khattab (634 – 644 M)
3. Utsman bin Affan (644 – 656 M)
4. Ali bin Abi
Thalib (656 – 661 M)
B. Tipe Kepemimpinan Khalifah
C. Kontribusi Khalifah dalam Peradaban Islam
|
6, 8, 11
|
6
|
Dinasti Umayyah (661 –
750 M)
A. Pendirian Dinasti Umayyah
B. Pola Pemerintahan Dinasti Umayyah
C. Ekspansi Wilayah Dinasti Umayyah
D. Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Umayyah
|
6, 8, 11
|
7
|
Dinasti Abbasiyyah
(750 – 1258 M)
A. Pendirian Dinasti Abbasiyyah
B. Pola Pemerintahan Dinasti Abbasiyyah
C. Ekspansi Wilayah Dinasti Abbasiyyah
D. Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Abbasiyyah
|
6, 8, 11
|
8
|
Islam di Andalusia
(Spanyol)
A. Sejarah Penguasaan Islam di Spanyol
B. Kemajuan Peradaban Islam Spanyol
C. Kemunduran Peradaban Islam Spanyol
|
6, 8, 11
|
9
|
Tiga Kerajaan Besar
A. Turki Usmani hingga Mustafa Kemal (1300 – 1922 M)
B. Dinasti Safawi Persia hingga Khumaini (1501 – 1732
M)
C. Dinasti Mugal India hingga Terbentuknya Bangladesh
|
3, 4, 5
|
10
|
Peradaban Islam Asia
Tenggara
A. Sejarah Islam di Asia Tenggara
B. Kemajuan Agama Islam Asia Tenggara
C. Moderenisasi Islam Asia Tenggara
|
2, 11, 12
|
11
|
Peran Walisongo dalam
Peradaban Islam Indonesia
A. Sejarah Walisongo
B. Tokoh-Tokoh Walisongo
C. Walisongo dan Dakwah Islam
D. Model Penyebaran Islam Walisongo
E. Kemajuan Islam Periode Walisongo
|
2, 11, 12
|
12
|
Peradaban Islam
Indonesia Pra Kemerdekaan
A. Teori Kedatangan Islam di Indonesia
B. Sejarah Awal Masuknya Islam Indonesia
C. Agama dan Kekuatan Politik Masa Kolonialisme
|
2, 11, 12
|
13
|
Peradaban Islam
Indonesia Pasca Kemerdekaan
A. Islam Indonesia dalam Masa Revolusi
B. Peran Islam dalam Kemerdekaan
C. Peradaban Islam dan Negara Pancasila
|
2, 11, 12
|
14
|
Peradaban Islam
Indonesia di Era Modern
A. Perkembangan Islam Indonesia di Era Modern
B. Organisasi Islam Indonesia di Era Modern
C. Lembaga Pendidikan Islam Indonesia di Era Modern
D. Peradaban Islam Indonesia di Era Modern
|
2, 11, 12
|
15
|
Mengenal Peradaban
Islam Nusantara
A. Pengertian Peradaban Islam Nusantara
B. Corak Pemikiran Islam Nusantara: Tradisional hingga
Modern
C. Islam Nusantara: Dialog Tradisi dan Agama Faktual
D. Peradaban Islam Nusantara sebagai Islam Damai
|
7, 10
|
16
|
Ujian Akhir Semester
|
E.
Referensi Utama
1.
Azyumardi Azra, Historiografi Islam Kontomporer:
Wacana Aktualitas dan Aktor Sejarah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,
2002.
2.
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam: Dirasah
Islamiyyah II, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2003.
3.
Bernard Lewis, Sejarah Diingat, Ditemukan Kembali,
Ditemuciptakan, Yogyakarta: Ombak, 2009.
4.
Dedi Supriyadi, Sejarah Peradaban Islam, Bandung:
Pustaka Setia, 2009.
5.
Jaih Mubarak, Sejarah Peradaban Islam, Bandung: CV
Pustaka Islamika, 2008.
6.
K. Ali, Sejarah Islam (Tarikh Pramodern), Jakarta:
PT Rajagrafindo Persada, 2003.
7.
M. Abdul Karim, Islam Nusantara, Yogyakarta:
Pustaka Book Publisher, 2007.
8.
M. Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam,
Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.
9.
M. Rikza Chamami, Islam Nusantara: Dialog Tradisi dan
Agama Faktual, Semarang: Pustaka Zaman, 2015.
10. M. Rikza
Chamami, Studi Islam Kontemporer, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2013.
11. Moh
Nurhakim, Sejarah dan Peradaban Islam, Malang: UMM Press, 2004.
12. Musyarifah
Sunanto, Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada, 2005.
F.
Daftar Tugas Terstruktur
1.
Tugas Media Sosial
·
Semua mahasiswa
diwajibkan membuat account media sosial berupa: blogspot, facebook, twitter,
instagram dan (dengan nama account sesuai nama asli mahasiswa)
·
Semua tugas mata
kuliah diupload dalam media sosial
·
Saat tugas diskusi
online, mahasiswa wajib aktif menggunakan media sosial sebagai media
pembelajaran
2.
Tugas Makalah Kelompok
·
Membuat
makalah dengan format tema sesuai daftar
bab dalam Silabus (minimal 10 halaman: font
times new roman, spasi 1,5 dengan menggunakan minimal 6 buku
referensi)—disertai dengan halaman sampul dan biodata singkat mahasiswa
·
Membuat slide
power point minimal 6 halaman
·
Dikumpulkan
pada PERTEMUAN KETIGA kepada
Komting dalam bentuk soft file untuk selanjutnya di-layout
menjadi BUKU yang selanjutnya digunakan dalam semua sesi perkuliahan
·
Makalah
dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
·
Pada
saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku/kitab/undang-undang/peraturan pemerintah
yang dijadikan rujukan
·
Makalah
akan dikoreksi dan jika menyimpang dari pembahasan wajib revisi (perbaikan)
·
Subject
email ditulis: urutan makalah-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Pengantar
Sejarah Peradaban Islam-Iqlima
Naqiyya.
G.
Daftar Tugas Mandiri
1.
Tugas Individu (Mid Semester)
·
Membuat
laporan hasil field research “Peradaban Islam Semarangan” minimal
4 halaman – maksimal 6 halaman.
·
Makalah
harus juga dikirim melalui internet dengan alamat e-mail: rikzakudus@gmail.com
·
Subject
email ditulis: urutan absen-judul singkat-nama mahasiswa. Contoh: 1-Laporan Mid SPI-Iqlima
Naqiyya.
2.
Tugas Mini Riset & Video Youtube
Tugas mini riset berupa penelitian secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa seputar “Sejarah Peradaban
Islam Semarang/Tempat Tinggal Mahasiswa” (Peristiwa/Tokoh/Masjid/Makam/Peninggalan-Peninggalan
Lainnya). Hasil riset dibuat video
yang diunggah di youtube.
3.
Tugas Tes Akhir Semester
Tugas tes akhir semester berupa soal analisis
yang diberikan dosen dan dikerjakan secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa.
H.
Komponen dan Bobot Penilaian :
1.
Tugas Mandiri (a) : 30%
2.
Tugas Terstruktur (b) : 20%
3.
Ujian Tengah Semester (c) : 20%
4.
Ujian Akhir Semester (d) : 30%
Nilai Akhir = (a x 30%)+(b x 20%)+(c x 20%)+(d x 30%)
Semarang, 1 Maret 2017
Dosen Pengampu,
M. Rikza Chamami
NIP. 198003202007101001